Kustini Nursaodah Rosihan

Sunday 10 March 2013

Manfaat TIK dalam Dunia Pendidikan



Teknologi informasi dan komunikasi pada zaman sekarang ini telah terbukti sebagai sarana komunikasi yang sangat handal dan sumber informasi yang tidak terbatas. Oleh karena itu, teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan hampir dalam setiap aspek kehidupan tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet dalam bidang pendidikan mulai digalakkan di Indonesia. Perguruan-perguruan tinggi, sekolah-sekolah, dan lembaga pendidikan lainnya sudah mulai memanfaatkan internet untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan antara lain :

1. Berbagai Hasil Penelitian
     Teknologi informasi dan lomunikasi, khusunya internet, telah banyak digunakan sebagai sumber informasi untuk menunjang kegiatan penelitian yang dilakukan para pakar. Internet telah dimanfaatkan untuk berbagi hasil-hasil penelitian yang dilakukan di bagian dunia yang berbeda. Hal ini menyebabkan hasil penelitian yang dilakukan seseorang dapat dimanfaatkan orang lain untuk menunjang penelitian yang sedang dilakukannya. Saling berbagi hasil penelitian juga mencegah terjadinya penelitian serupa yang berulang yang akan menyebabkan pemborosan biaya dan waktu.

2. Konsultasi Dengan Pakar 
    Internet juga banyak dimanfaatkan untuk berkonsultasi dengan pakar-pakar yang berada di tempat lain. Internet telah berhasil membuat ruang dan jarak bukan lagi menjadi masalah untuk berkomunikasi.

3. Perpustakaan Online
    adalah perpustakaan dalam bentuk digital yang ditempatkan di internet. Perpustakaan online memungkinkan seorang pelajar atau mahasiswa untuk mengakses ke sumber-sumber ilmu pengetahuan dengan cara mudah tanpa harus dibatasi dengan jarak dan waktu.

4. Diskusi Online
    adalah diskusi yang dilakukan di internet. Aplikasi diskusi online memungkinkan para pelajar dapat saling bertukar pikiran tanpa harus berkumpul di suatu tempat. Diskusi online juga memungkinkan seorang pelajar dapat berdiskusi dengan seorang pakar tanpa harus bertatap muka secara langsung.

5. Kelas Online
    Aplikasi kelas online dapat digunakan bagi lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh seperti Universitas Terbuka dan SMP Terbuka. Materi-materi pelajaran dibuat interaktif dan menarik sehingga kualitas belajar di kelas online tidak kalah dengan kualitas belajar dikelas biasa. Kelas online memungkinkan seorang siswa dapat terus mendapatkan pendidikan sekalipun tidak dapat hadir di sekolah seperti halnya pada sekolah biasa.

6. Sumber Materi
    Internet menyediakan begitu banyak informasi dan materi pelajaran yang dapat dimanfaatkan secara gratis. Ada banyak situs-situs di internet yang menyediakan materi pelajaran dan juga tutorial-tutorial yang dapat dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Jika ingin belajar tentang sesuatu, yang perlu kamu lakukan hanyalah menemukan situs yang menyediakan materi pelajaran yang sesuai dengan keinginanmu. Internet memungkinkan kamu dapat melakukan pembelajarn mandiri.  

Sumber : Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII
              PENERBIT ERLANGGA

1 comment:

  1. Bahkan Manfaat TIK lebih dari itu contohnya banyak sekali diantaranya komunikasi ,ilmu pengetahuan , & lebih banyak dari itu.

    ReplyDelete